Sedikit tips meramba hutan (kalimantan)

Posted: Juli 3, 2007 by gantungtas in Dokumentasi

ada beberapa petunjuk dalam melakukan pendakian dihutan dan pegunungan kalimantan. berdasarkan pengalaman saya selama ini, yaitu :

  1. Mengenal medan atau tempat yang akan didatangi, paling tidak berdasarkan informasi dari warga setempat atau orang yang pernah melakukan pendakian disana
  2. Demi kesehatan, ada baiknya sebelum masuk kehutan atau gunung, meminum obat anti malaria terlebih dahulu.
  3. Persiapkan perlengkapan pendakian dari perlengkapan masak, tidur, mandi, penrangan dan kesehatan (kotak obat).
  4. Yakinkan bahwa dana yang anda bawa cukup, dan mungkin lebih.
  5. Sesampainya di desa, beramah tamalah kepada warga desa setempat agar pendakian kita juga mendapat restu dari warga setempat. dan kita juga akan mendapatkan simpati dari masyarakatnya.
  6. Kalau anda tidak merasa repot membawa kelambu, maka bawalah kelambu untuk menambah kenyamanan anda nantinya serta mengurangi bahaya nyamuk.
  7. Apabila sudah berada didalam hutan, maka usahakan jangan sampai tidur siang, karena berbahaya pada keshatan anda (nyamuk malaria menyerang pada waktu jam 10 s/d 13).
  8. Jangan membuang sampah sembarangan
  9. Jangan mengusik apalagi merusak keindahan yang dihutan tersebut
  10. Hindari membangun tenda atau kemah dideekat sungai
  11. Kalau anda dalam satu tim, maka janga terlalu jauh meninggalkan tim
  12. Jaga kekompakan tim
  13. Pastikan api sudah benar benar mati apabila sudah selesai memasak

mungkin itu saja dulu tips dari saya, semoga bermanfaat. selamat melakukan pemdakian dipegunungan kalimantan, dan nikmailah keindahan serta keanekaragaman tumbuhan dan habitatnya.

salam adil dan lestari

Komentar
  1. tan malaka suka menabung mengatakan:

    ada lagi satu tips yang paling penting daripada bawa sleeping bag yang berat lebih baik bawa versi yang cair seperti merk stanley atau MH atau yang lebih murah spritus campur kopi.kyape

  2. gantungtas mengatakan:

    wah ide cerdas…. tapi mohon maaf, kalau spritus campur kopi gimana rasanya ya.??? salute deh… sleepingbag diganti yang cair pokoknya ok dah…..

  3. my_peace_green mengatakan:

    (Apabila sudah berada didalam hutan, maka usahakan jangan sampai tidur siang, karena berbahaya pada keshatan anda (nyamuk malaria menyerang pada waktu jam 10 s/d 13).)

    kayaknya kurang tepat deh buat nyamuk malaria (Aedes aegypti) “ngejob” diutan :))
    klo ga salah ntu nyamuk, nyamuk rumahan.(Yang patut diketahui adalah yang berbahaya itu nyamuk betina, karena merekalah yang menggigit manusia untuk kemudian menghisap darah. Darah itu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan zat putih telur nyamuk betina agar bisa mempertahankan regenerasinya. Sedangkan nyamuk jantan, pekerjaannya hanya menghisap sari-sari buah-buahan. Nah, yang unik, perilaku nyamuk Aedes aegypti ini mirip dengan jam kerja PNS. Waktu menggigit korban seperti jam kerja PNS, yakni mulai sekitar pukul 8.00 WIB sampai jam 12.00 WIB, lalu istirahat sebentar, dan sekira jam 13.00 WIB hingga sore hari, bekerja lagi. Setelah matahari terbenam, mereka pun istirahat. Nyamuk Aedes termasuk nyamuk rumahan, alias suka di indoor. Setelah itu, giliran jam kerja nyamuk Culex yang mulai bekerja pada malam hari, sementarta pada siang hari tidur.) n klo mo liat datanya ada diweb yg ngupas tentang nyamuk Aedes aegypti (http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0305/06/04.htm) ntu baru salah satunya, masih banyak data tntng nyamuk Aedes aegypti tp msh bahasa inggris, soooo klo mslh tidur siang kayaknya ga mslh deh. coba aj..😉

  4. dani iswara mengatakan:

    senada spt komentar my_peace_green di atas, utk nyamuk sptnya perlu dipastikan apakah memang yg dimaksud nyamuk malaria, bukannya nyamuk aedes (mungkin sudah ada yg migrasi [?]) ke pegunungan🙂

  5. gantungtas mengatakan:

    dani iswara

    ok! aku akan jawab.. nyamuk yang dimaksud adalah nyamuk.com, ops sorry.. yang saya maksud adalah nyamuk malaria, dan saya pernah sakit karena dimakan tu nyamuk, dulu…. dan itu didaerah yang memang sangat lembab juga seh.. tapi asal minum obat anti malaria aja sebelum masuk hutan, mungkin aman..

  6. ceproot mengatakan:

    boz,nie Q ank PA baru…

  7. evi caby mengatakan:

    salam lestari…

    aku anak PA jg…mo cari info tentang gunng2 yang ada di kalimantan…gunung kalimantan yang pernah anda daki tu di mana aja?
    tolong berikan diskripsi jalur pendakiannya dan keadaan gunngnya…trus sekalin dgn data2 gunung tsb misal gunungnnya berada di provinsi apa,kabupaten…dan lain-lainnya…thanks ya sblumnnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s