Sebuah rencana

Posted: Juli 8, 2007 by gantungtas in Hiburan

Aku ada rencana mau ngadain lomba disain poster lingkungan, dengan tema ”Kondisi Hutan Kalsel” rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan seftember paling lambat. Untuk TOR Lombanya sudah aku buat, tinggal di sepakati saja lagi sama koordinatornya. Semua sudah saya atur didalam TOR, baik teknis maupun nonteknisnya.

Lomba ini diperuntukan bagi pelajar dan mahasiswa se-kalsel, yang mempunyai minat dan bakat didunia disain grafic. Bagi yang anda atau saudara anda yang berminat, tunggu saja kabar dari saya, nanti saya akan membagi bagikan informasinya melalui web ini atau anda bisa langsung mengunjungi situs Walhi Kalsel http://www.walhikalsel.org

Lomba ini dilaksanakan sepenuhnya oleh Walhi Kalsel, sedangkan saya hanya sebagai panitia pelaksana, namun kegiatan ini sepenuhnya diserahkan kepada saya. Kebetulan karena saya banyak beraktivitas didunia disain tersebut, makanya sayalah yang ditunjuk untuk menanggung jawabi kegiatan ini. Saya meras beruntung karena mendapat kepercayaan untuk mensukseskan lomba ini. Hanya saja, saya merasa masih sangat sedikit pengalaman, apalagi ini menjadi panitia inti. Namun saya juga sudah optimis, makanya saya sekarang sudah membuat TOR, biasanya saya tidak mau untuk bikin TOR, bukan karena malas, tapi memang saya tidak bisa.

Saya sangat bingung, hingga akhirnya mencoba mencari di google contoh contoh TOR yang biasa dibuat orang untuk lomba. Maka jadilah sebuah TOR Lomba disain poster lingkungan yang seadanya. Tapi memang sih belum dicek sama koordinatornya, jadi saya tidak tau apakah TOR yang saya buat itu sudah pas atau tidak.

Saya tidak ingin membahas terlalu jauh soal teknisnya, bagi saya yang penting adalah output atau tujuan dari lomba tersebut. Kenapa lomba disain ini ada, karena selain kita mau mendorong kretifitas anak muda di Kalsel, kami juga mau melihat sejauh mana, masyarakat di Kalsel mengerti kondisi dan permasalahan lingkungan di Kalsel, khususnya masalah hutan yang saat ini sudah memperihatinkan.

Rencana kami adalah, hasil atau karya pemanang lomba disain poster lingkungan tersebut, akan kami publikasikan dan dibagi baikan kemasyarakat Kalimatan Selatan. Agar semua orang dapat mengerti dan paham akan kondisi hutannya, jadi bukan hanya bisanya numpang hidup aja di Kalsel, tapi juga bisa mempedulikan sedikitlah paling tidak, sejau mana sih sudah dan sebesar apa sih kerusakan hutan di Kalsel ini.

Bicara kerusakan hutan, maka kita juga bicara bencana, baik itu yang sudah terjadi ataupun yang akan terjadi. Kenyataannya bencana yang selama ini terjadi, diakui atau tidak, itu adalah karena kerusakan hutan yang memang siudah parah di hulu sana.

Jadi!! Poster lingkungan adalah salah satu media informasi yang kami harap bisa menyampaikan dan dicerna dengan mudah oleh masyarakat di Kalsel. Artinya para peserta harus bisa menggambarkan dengan jelas sederhana pesan yang ada dalam temanya.

Yang terakhir, demi kelestarian lingkungan, demi keberlanjutan generasi kita, lakukan hal yang terbaik untuk kita, keluarga dan lingkungan walau sekecil apapun usaha kita. Tapi itu sangat berpengaruh bagi masa depan………..

Komentar
  1. Mapala Justitia mengatakan:

    kami siap mendukung silakan hubungi kami di sekretariat

  2. gantungtas mengatakan:

    terimakasih, karena sudah bersedia membantu, tunggu aja nanti kalau memang sudah ada waktu yang pasti saya akan menghubungi.

  3. deKing mengatakan:

    Lomba poster lingkungan?
    Semoga saja bangsa kita bisa menjadi sadar akan pentingnya pelestarian dan kelestarian lingkungan hidup…

  4. prim mengatakan:

    yachh..betapa pentingnya lingkungan hidup sekarang ini, sudah banyak alam kita yang rusak… dan tidak diperdulikan orang…!!!makanya banyak banjir..tanah longsor..salam kenal

  5. gantungtas mengatakan:

    ”prim”

    Benar sekali, dan karena kerusakan lingkungan tersebutlah makanya berdampak pada bencana. bencana yang berdampak pula pada kemiskinan dan bergesernya tatanan sosial… apakah seperti itu mohon dikoreksi..

    salam kenal balik…

Tinggalkan Balasan

