Bejalanan Kebelangian Bag. 2

Posted: Juli 12, 2007 by gantungtas in Hiburan

Belangian Bagian 2

Mau ngelanjutin tulisan aku tentang belangian, sekalian mau berbagi cerita perjalanan kami kemaren yang seru menurut saya. Memang sebagian dah diceritain ma teman saya fard, diblognya. Jadi, sebenarnya bingung neh mo nya cerita yang mana… tapi mungkin biar saya ceritain dari awal aja ya. Dari kami berangkat, sampai tiba di Desa Belangian kemudian ngecamp dihapunit.
Baiklah, Kami berangkat sekitar jam 10 lebih, agak siang karena banyak hal yang harus diurusin dahulu. Ya.. seperti janji emond, kalau ngomongnya jam delapan, berarti jam sepuluh lah.
Dari terminal riam kanan kita naik angkot warna hijau jurusan Banjarbaru Aranio. Perjalanan dari Banjarbaru ke aranio (pelabuhan Klotok/ kapal motor) memakan waktu satu jam lebih dikit. Nah’ dari aranio naik kapal motor menuju belangian, perjalanan yang asyik karena bisa liat gunung dan lembah serta pemukiman penduduk dan transaksi jual beli ikan disekitar danau transaksi.jpgdari kapal motor yang kami tumpangi. Waktu yang ditempuh untuk sampai di Desa Belangian, dua jam perjalanan. Dengan ongkos yang harus di keluarkan dari lima ribu rupiah hingga delapan ribu rupiah.
Setibanya dibelangian, team.jpgkami tim jejaka petualang mampir dulu kerumahnya bapak Asri(SekDes Belangian). Dirumah Sekdes, kita disuguhi teh manis yang hangat, wuh.. sedapnya, setelah dua jam dikapal. Setelah merasa cukup kita bersiap untuk berangkat menuju hapunit. Tapi sebelumnya kami belanja dulu diwarungnya bapak Asri, yang kebetulan rumahnya ada kiosnya. Aku beli kol ama roti, yang ternyata lupa dibawa, hehehhe…. dasar pelupa. Lalu kami pun sudah siap, namun istrinya bapak Asri menanyakan kekami. apakah ada bawa piring, dan alat masak. Maksudnya mau meminjamkan alat masaknya kalau kami ngga bawa. Tapi memang benar seh, kami tidak bawa alat masak yang lengkap. Hanya bawa satu alat masak lapangan (nasting). Akhirnya kami dipinjami satu panci dan lima buah piring plastik. Selanjutnya kamu menruskan perjalanan.
Perjalan diteruskan, dan dijalan, aku dan emond bertemu dengan penunggang hadangan (kerbau) hadangan1.jpgdari karangan haur (desa sebelah). Penunggang hadangan ini membawa dua hadangan sekaligus. Satu ditunggangi dan satu membawa barang. Aku sempat memotret penunggang hadangan, dam kami juga sempat ngobrol ngobrol. Dan cukup lama juga kami ngobrol sampai sampai hampir lupa waktu. Kebetulan juga topiknya menarik….
Kita tinggalkan dulu penunggang hadangan, dan menuju sungai besar. Karena disana ketiga teman saya sudah bosan menunggu kami berdua. Sampai disungai, emond pun menyeberang, dan sempat dipoto satu kali, dengan gaya andalannya. Udah nyeberang, perjalanan diteruskan menuju hapunit. Dan katanya selama menunggu kami, mereka sempat bikib kopi dulu. wah segerrr…..
The nice ekspidition… perjalanan yang indah dengan bukit yang hijau, yang dipenuhi pepohonan besar dan tanaman kacang tanah, pondok pondok kecil yang terlihat dari kejauhan. Sepertinya mereka yang tinggal dipondok pondok itu sangat bahagia. hapunit.jpg Beruntungnya mereka jauh dari kebisingan, hidup jadi lebih tenang, kebutuhan hidup mereka bisa terpenuhi, karena, beras, sayur, air bersih dan lauk pauk, sudah tersedia.
Perjalanan ini sepertinya tidak lengkap kalau makannya tanpa sayur. Maka, saya pun mencoba membeli sayuran dan cabe cabean untuk bekal makan. Lalu kudatangi sebuah pondok yang ada disebelah kiri jalan. jalan setapak yang merupakanjalur pendakian menuju kahung. Saya pun bilang pada pemilik podok itu. Apakah saya bisa membeli sedikit cabe untuk sambal kami. Beliau menjawab, oh bisa, lalu diambilkannya satu kantong plastik kecil. Tapi pas saya membayarnya, beliau menolak, dan katanya, biar aja, ambil aja. Malah selain tidak mau dibayar, beliau juga memberi saya kates untuk sayur katanya. Saya ucapkan terimaksih pada Bapak itu karen kebaikannya.
Perjalanan dilanjutkan, hapunit sedikit lagi. Tapi saya masih mapir lagi dipondok, kebetulan saya mengenal pemilik pondok itu. Namanya peterson (persi kami, nama sebenarnya dadi), kepada peterson saya bilang, apakah ada sayur? dia langsung bergegas mencarikan sayur, dan memberikannya kepada kami (aku dan emond). Pas mau dibayar, ternyata juga gak mau nerima uang kami. Lalu aku mengajak mereka(karena ada banyak orangnya) untuk poto bareng sebagai kenang kenangan. Walaupun ternyata ada kesalahan pada teknis penggunaan kamera. Ternyata yang dipasang bukan untuk poto melainkan video. Setelah aku dan emond secara bergantian ambil poto, perjalanan diterusin deh, makanya potonya ngga dipasang. Tiba dihapunit udah sore banget, pict0054.jpgdan disana kami ketemu ma anak Mapala GreenTeknik Akademi Teknik Pembagunan Nasional Banjarbaru. Mereka sedang ada kegiatan, pemantapan untuk anggota baru yang akan dilantik menjadi anggota penuh mapala. Diantaranya saya kenal satu orang, kebeulan dia senior, namanya riko.
Setelah cukup lama mengobrol… masak deh, mandi deh, makan deh.
Malamnya sebelum tidur ada diskusi, yang isi diskusinya ada diblognya Farid, Setelah mengantuk cari posisi yang paling enak, tidur deh.
Ceritanya dah dulu ya.. ntar disambung.

Komentar
  1. Neo Forty-Nine mengatakan:

    Sip Dung! napa kada di link nang kisah dari auk?

    aturannya pas di tulisannya yang ini

    Memang sebagian dah diceritain ma teman saya farid, diblognya. Jadi, sebenarnya bingung neh mo………….

    bari link, jadi tulisannya jadinya kaini =

    Memang sebagian dah diceritain ma teman saya farid, diblognya.Jadi sebenarnya bingung neh……..

  2. mina mina mengatakan:

    eu..agak bingung bacanya..
    tapi klo acara jalan -jalan saya sangat suka..
    jadi ingin jalan jalan juga… T__T

    • kenday mengatakan:

      oh ya klo boleh usul semua organi sasi pencinta alam di seluruh indonesia secara serempak mengadakan penanaman bibit pohon supaya sejuk & tidak gersang.

  3. Manusia Hjau mengatakan:

    Maaf ya klo dah bikin bingung’
    ‘farid auk td dah coba link, tp gagal.. hehehe…:)

  4. Neo Forty-Nine mengatakan:

    kena ay ku lajari lagi. galeri foto smalam di hapuskah?

  5. Manusia Hjau mengatakan:

    YUpz!! dihapus boss..

  6. Luthfi mengatakan:

    ini apaan sih?
    *sengaja gak baca dan komen ngasal*

  7. Suluh mengatakan:

    saya juga “dulu” bagian dari sebuah pecinta alam… sering turun naik gunung hutan jg… ah jadi rindu… salam kenal…

  8. gantungtas mengatakan:

    ini apaan sih?>>Luthfi

    ini adalah blog kami para pensiunan pecinta alam (katanya seh…). thanx ya berkunjung….

  9. gantungtas mengatakan:

    Suluh… Klo dulu pecinta alam, trus sekarang pecinta?
    oh iya salam kenal juga, boleeh dong ntar berbagi cerita..

  10. peyek mengatakan:

    Pecinta Alam?

    salut, mengingatkan masa lalu, sekarang mungkin dah nggak kekeh lagi

  11. tan malaka adventure mengatakan:

    Sip mas efanai cuma tolong perbaiki ejaanya ya, dan gimana gantung tas expedition part 2 nya?

  12. tan malaka adventure mengatakan:

    oh ya mas efan tolong banar lah bukan apa2 pang tolong di blogrolnya yang emond gitu loh diganti aja namanya, soalnya entu bukan blog ane pribadi tapi organisasi MJFH Makacih.

  13. gantungtas mengatakan:

    tan malaka adventure

    Makasih mas kritik dan sarannya. semoga anda diterima disisi X, X ganti saja dengan nama Tuhan anda.

    ok blogroll ntar diganti…..

    expedition part 2 nya? yang ntu gampang, gimana klo imak aja yg nulis…hmm…???

  14. tan malaka aja mengatakan:

    Maksudku kyapa masalah Aurbunak semalam ada idelah? ku smsi kada membalas

  15. Manusia Hijau mengatakan:

    tan malaka aja
    oh klo yang itu imak aja yang coba atur dulu, coba dicoret coret dulu, atau kapan kita ketemuan, kita bicarakan serius.

  16. kump45 mengatakan:

    enak ya jelajah alam…sip deh…kekeke…
    *kepingin

  17. gantungtas mengatakan:

    ”kump45”
    Emang enak banget bisa jalan n bepetualang.. itung2 ngilangin stress… kalau mas mau main kebelangian ntar saya antar.

  18. kump45 mengatakan:

    eh belangian itu tmpt wisata ya??dmn??hehe sori saya belom tau…
    pengennya sih bertualang jg…heheh….cm kalo di hutan takut macan…halah

  19. Neo Forty-Nine mengatakan:

    Jangan takut. ntar kami temani ke belangian. ga ada macan kok

  20. Manusia Hijau mengatakan:

    kump45”

    Iya bener tuh.. ngga akan kenapa napa kok dikalimantan…

  21. […] he. Peace!!! Sekalian pamit (lagi) ya. Insya Allah hari Kamis (26 July 2007) saya bakalan ke Kahung Belangian lagi. Kali ini bersama pasukan IMPAS-B dalam rangka Latihan Pemantapan, yang juga merupakan acara […]

  22. benbego mengatakan:

    salam kenal!

  23. Emond laksana petir mengatakan:

    ealah mas evan lama jue kita tak jumpe, omong2 daypack kita msh hidup tak?

  24. reekoheek mengatakan:

    hmmm… yang ada macan dimana?

  25. d'Mangga_PALAGOS mengatakan:

    Ka Dunk2… !!!!

  26. J.Anshari mengatakan:

    Lun suah ai jua k kahung,th ’94.Bulih lah mpat bkisahan jua? Slm Hijau buat ank2 MGT, undang pank senior mun ada kegiatan..hehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s