Kemah Konservasi BKSDA dan Walhi plus

Posted: Desember 1, 2007 by gantungtas in Umum

Kemaren tanggal 26 s/d tanggal 28 November 2007. Saya mengikuti kegiatan kemah konservasi yang di selenggarakan oleh BKSDA dan WALHI plus di Pelaihari. Tema kegiatan tersebut adalah ”penyelamatan hutan meratus harga mati” Sedangkan pesertanya adalah :
1. Walhi Kalsel
2. Mapala Piranha UNLAM BJB
3. Mapala Teknik UNLAM BJB
4. Mapala Sylva UNLAM BJB
5. ORPALA KADIPA Kab. Banjar
6. ORPALA TUPAN MERATUS Kab. Tanah Laut
7. Mapala Green Justice STIHSA
8. DEKADE Kalsel (Pramuka)
9. LSM Pagar Banua Pelaihari

Seharusnya peserta kegiatan kemah konservasi ini adalah organisasi pecinta alam se- Kalsel, baik itu Mapala maupun KPA. Namun yang dapat hadir hanya yang tersebut di atas. Mungkin karena yang sedang sibuk dan lagi padat kegiatan.

Tiga hari di perkemahan memang terasa garing, karena tidak semua organisasi pecinta alam di Kalsel tidak bisa hadir, jadinya kurang seru. Coba kalau semua bisa hadir, tentunya akan sangat meriah karena akan banyak orang gila yang dengan berbagai karakter terkumpul dan memamerkan kegilaannya. Dan yang paling penting adalah,jika semua mapala dan kpa kalsel hadir. Tentunya akan makin banyak ide dan diskusi semakin panjang dan semakin seru.

Bicara penyelamatan hutan meratus, memang tidak mudah. Karena harus melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Agar dalam praktek di lapangan akan lebih memudahkan kita. Jangan sampai kita ngomong penyelamatan hutan meratus, akan tetapi masyarakat tidak faham dan tidak tau apa saja yang kita lakukan. Dan yang terpenting tentunya, apasih untungnya bagi masyarakat ”menyelamatkan hutan meratus”

Dan kemarin sepertinya masih kurang lengkap yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Walaupun untuk pembicaranya sudah lumayan lengkap, Yaitu : BAPEDA KALSEL, DISBUN KALSEL, BKSDA, NGO (YCHI). Seharusnya ada dari Dinas Pertambagan, namun entah kenapa kok tidak ada.

Disini saya tidak bisa panjang lebar menceritakan rangkaian acara selama tiga hari kegiatan. Yang pasti rekomendasinya adalah akan melakukan advokasi bersama dalam penyelamatan hutan meratus. Sedangkan strateginya adalah kampanye.

Saya sangat berharap kemah konservasi ini tidak sekedar sampai di sini saja lalu nantinya tidak kelanjutannya lagi. Sangat di sayangkan apabila kegiatan ini tidak membuahkan hasil kongrit bagi hutan meratus yang merupakan kawasan resapan air yang juga kaya dengan flora dan fauna.

Komentar
  1. Mapala Justitia mengatakan:

    Handak bepadah banarai kami dari dari Mapala Justitia mohon maaf karena tidak bisa ikut karena terbentur dengan kegiatan intern kami namun kami sangat mengharapkan kalau bisa ikut minjem hasil output kegiatan tersebut kalau boleh terima kasih. Salam lestari!
    TTD
    Ketua umum MJFH

  2. gantungtas mengatakan:

    to mapala justitia, mo pinjem outputnya bisa ntar ya..

  3. kompasits mengatakan:

    tukar link aja…hehhee

  4. gantungtas mengatakan:

    ”Kompasits” Thanx ya dah berkunjung….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s