Sawit di Negara jangan paksa Rakyat

Posted: Agustus 6, 2009 by gantungtas in Uncategory

Saat ini di Kalsel sedang marak pembangunan perkebunan kelapa sawit di daerah rawa. Tentunya hal ini tidak luput dari dampak negatifnya, baik itu bagi Masyrakat sekitar dan tentunya juga lingkungan. Mulai dari keterancaman petani akan kehilangan lahan produktif mereka sampai dengan bencana yang akan menimpanya.
Bicara soal pembangunan perkebunan kelapa sawit dilahan rawa tentunya memerlukan kajian yang mendalam, supaya nantinya tidak ada penyesalan dimasa depan dan generasi penerus kita tidak dirugikan.
Memang.. perkebunan sawit juga akan meningkatkan pendapatan daerah dan meyerap tenaga kerja (begitu kata pemerintah). Namun… apakah keuntungan yang didapat sebanding dengan kerugian yang harus diterima masyrakat dan lingkungan hidup. Berapa KK yang akan kehilangan lapangan pekerjaan jika lahan pertanian mereka berubah menjadi perkebunan sawit, dan ini yang akan terjadi di Negara dan Tapin juga marabahan kalau perkebunan sawit harus dipaksakan.
Di Negara sudah jelas masyarakatnya menolak adanya perkebunan kelapa sawit diwilayah mereka, namun sepertinya pemerintah setempat seakan- akan memaksakan agar sawit tetap jalan. Sunggu tidak mempedulikan suara rakyatnya. Berdasarkan pengakuan warga setempat, mereka sudah banyak membuat pernyataan penolakan sampai dengan berdemo juga mengusir alat berat yang sedang memaksa bekerja dilahan mereka. Akan tetapi lagi- lagi rakyat kecil/petani yang disalahkan, disudutkan seakan- akan itu adalah kesalahan mereka. Masyrakat dikriminalisasikan karena tindakan yang dianggap anarkis.
Hal tersebut tidak akan terjadi jika investor dan pemerintah tidak memaksakan kehendaknya.
Banyak ketidak adilan yang terjadi dari rencana perkebunan kelapa sawit di Negara (Kab. HSS), mulai tidak imbangnya informasi tentang perkebunan kelapa sawit sampai dengan penyerobotan lahan dan intimidasi yang dilakukan oleh pihak perusahaan dengan mebayar preman untuk mempengaruhi masyrakat.
Informasi yang tidak seimbang yang saya maksud diantaranya adalah bahwa pemerintah dan perusahaan hanya memberikan informasi yang baiknya saja tanpa menceritakan dampak buruk yang harus diterima masyarakat nantinya. Tapi begitulah kenyataannya dan mungkin sudah menjadi tradisi kalau akan ada investasi yang masuk, masyrakat selalu diberikan mimpi indah tanpa cacat..
Hingga saat ini masyarakat Negara masih memperjuangkan agar perusahaan perkebunan sawit yang akan dibangun diwilayah mereka bisa angkat kaki. Mohon dukungan dan doa dari kawan- kawan pembaca agar masyarakat Negara terbebas dari ancaman perkebunan kelapa sawit dengan nama PT. SAM, yang akan merebut lahan produktif mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s