Archive for the ‘Hiburan’ Category

Bejalanan Kebelangian Bag. 2

Posted: Juli 12, 2007 by gantungtas in Hiburan

Belangian Bagian 2

Mau ngelanjutin tulisan aku tentang belangian, sekalian mau berbagi cerita perjalanan kami kemaren yang seru menurut saya. Memang sebagian dah diceritain ma teman saya fard, diblognya. Jadi, sebenarnya bingung neh mo nya cerita yang mana… tapi mungkin biar saya ceritain dari awal aja ya. Dari kami berangkat, sampai tiba di Desa Belangian kemudian ngecamp dihapunit.
Baiklah, Kami berangkat sekitar jam 10 lebih, agak siang karena banyak hal yang harus diurusin dahulu. Ya.. seperti janji emond, kalau ngomongnya jam delapan, berarti jam sepuluh lah.
Dari terminal riam kanan kita naik angkot warna hijau jurusan Banjarbaru Aranio. Perjalanan dari Banjarbaru ke aranio (pelabuhan Klotok/ kapal motor) memakan waktu satu jam lebih dikit. Nah’ dari aranio naik kapal motor menuju belangian, perjalanan yang asyik karena bisa liat gunung dan lembah serta pemukiman penduduk dan transaksi jual beli ikan disekitar danau transaksi.jpgdari kapal motor yang kami tumpangi. Waktu yang ditempuh untuk sampai di Desa Belangian, dua jam perjalanan. Dengan ongkos yang harus di keluarkan dari lima ribu rupiah hingga delapan ribu rupiah.
Setibanya dibelangian, team.jpgkami tim jejaka petualang mampir dulu kerumahnya bapak Asri(SekDes Belangian). Dirumah Sekdes, kita disuguhi teh manis yang hangat, wuh.. sedapnya, setelah dua jam dikapal. Setelah merasa cukup kita bersiap untuk berangkat menuju hapunit. Tapi sebelumnya kami belanja dulu diwarungnya bapak Asri, yang kebetulan rumahnya ada kiosnya. Aku beli kol ama roti, yang ternyata lupa dibawa, hehehhe…. dasar pelupa. Lalu kami pun sudah siap, namun istrinya bapak Asri menanyakan kekami. apakah ada bawa piring, dan alat masak. Maksudnya mau meminjamkan alat masaknya kalau kami ngga bawa. Tapi memang benar seh, kami tidak bawa alat masak yang lengkap. Hanya bawa satu alat masak lapangan (nasting). Akhirnya kami dipinjami satu panci dan lima buah piring plastik. Selanjutnya kamu menruskan perjalanan.
Perjalan diteruskan, dan dijalan, aku dan emond bertemu dengan penunggang hadangan (kerbau) hadangan1.jpgdari karangan haur (desa sebelah). Penunggang hadangan ini membawa dua hadangan sekaligus. Satu ditunggangi dan satu membawa barang. Aku sempat memotret penunggang hadangan, dam kami juga sempat ngobrol ngobrol. Dan cukup lama juga kami ngobrol sampai sampai hampir lupa waktu. Kebetulan juga topiknya menarik….
Kita tinggalkan dulu penunggang hadangan, dan menuju sungai besar. Karena disana ketiga teman saya sudah bosan menunggu kami berdua. Sampai disungai, emond pun menyeberang, dan sempat dipoto satu kali, dengan gaya andalannya. Udah nyeberang, perjalanan diteruskan menuju hapunit. Dan katanya selama menunggu kami, mereka sempat bikib kopi dulu. wah segerrr…..
The nice ekspidition… perjalanan yang indah dengan bukit yang hijau, yang dipenuhi pepohonan besar dan tanaman kacang tanah, pondok pondok kecil yang terlihat dari kejauhan. Sepertinya mereka yang tinggal dipondok pondok itu sangat bahagia. hapunit.jpg Beruntungnya mereka jauh dari kebisingan, hidup jadi lebih tenang, kebutuhan hidup mereka bisa terpenuhi, karena, beras, sayur, air bersih dan lauk pauk, sudah tersedia.
Perjalanan ini sepertinya tidak lengkap kalau makannya tanpa sayur. Maka, saya pun mencoba membeli sayuran dan cabe cabean untuk bekal makan. Lalu kudatangi sebuah pondok yang ada disebelah kiri jalan. jalan setapak yang merupakanjalur pendakian menuju kahung. Saya pun bilang pada pemilik podok itu. Apakah saya bisa membeli sedikit cabe untuk sambal kami. Beliau menjawab, oh bisa, lalu diambilkannya satu kantong plastik kecil. Tapi pas saya membayarnya, beliau menolak, dan katanya, biar aja, ambil aja. Malah selain tidak mau dibayar, beliau juga memberi saya kates untuk sayur katanya. Saya ucapkan terimaksih pada Bapak itu karen kebaikannya.
Perjalanan dilanjutkan, hapunit sedikit lagi. Tapi saya masih mapir lagi dipondok, kebetulan saya mengenal pemilik pondok itu. Namanya peterson (persi kami, nama sebenarnya dadi), kepada peterson saya bilang, apakah ada sayur? dia langsung bergegas mencarikan sayur, dan memberikannya kepada kami (aku dan emond). Pas mau dibayar, ternyata juga gak mau nerima uang kami. Lalu aku mengajak mereka(karena ada banyak orangnya) untuk poto bareng sebagai kenang kenangan. Walaupun ternyata ada kesalahan pada teknis penggunaan kamera. Ternyata yang dipasang bukan untuk poto melainkan video. Setelah aku dan emond secara bergantian ambil poto, perjalanan diterusin deh, makanya potonya ngga dipasang. Tiba dihapunit udah sore banget, pict0054.jpgdan disana kami ketemu ma anak Mapala GreenTeknik Akademi Teknik Pembagunan Nasional Banjarbaru. Mereka sedang ada kegiatan, pemantapan untuk anggota baru yang akan dilantik menjadi anggota penuh mapala. Diantaranya saya kenal satu orang, kebeulan dia senior, namanya riko.
Setelah cukup lama mengobrol… masak deh, mandi deh, makan deh.
Malamnya sebelum tidur ada diskusi, yang isi diskusinya ada diblognya Farid, Setelah mengantuk cari posisi yang paling enak, tidur deh.
Ceritanya dah dulu ya.. ntar disambung.

Sebuah rencana

Posted: Juli 8, 2007 by gantungtas in Hiburan

Aku ada rencana mau ngadain lomba disain poster lingkungan, dengan tema ”Kondisi Hutan Kalsel” rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan pada bulan seftember paling lambat. Untuk TOR Lombanya sudah aku buat, tinggal di sepakati saja lagi sama koordinatornya. Semua sudah saya atur didalam TOR, baik teknis maupun nonteknisnya.

Lomba ini diperuntukan bagi pelajar dan mahasiswa se-kalsel, yang mempunyai minat dan bakat didunia disain grafic. Bagi yang anda atau saudara anda yang berminat, tunggu saja kabar dari saya, nanti saya akan membagi bagikan informasinya melalui web ini atau anda bisa langsung mengunjungi situs Walhi Kalsel http://www.walhikalsel.org

Lomba ini dilaksanakan sepenuhnya oleh Walhi Kalsel, sedangkan saya hanya sebagai panitia pelaksana, namun kegiatan ini sepenuhnya diserahkan kepada saya. Kebetulan karena saya banyak beraktivitas didunia disain tersebut, makanya sayalah yang ditunjuk untuk menanggung jawabi kegiatan ini. Saya meras beruntung karena mendapat kepercayaan untuk mensukseskan lomba ini. Hanya saja, saya merasa masih sangat sedikit pengalaman, apalagi ini menjadi panitia inti. Namun saya juga sudah optimis, makanya saya sekarang sudah membuat TOR, biasanya saya tidak mau untuk bikin TOR, bukan karena malas, tapi memang saya tidak bisa.

Saya sangat bingung, hingga akhirnya mencoba mencari di google contoh contoh TOR yang biasa dibuat orang untuk lomba. Maka jadilah sebuah TOR Lomba disain poster lingkungan yang seadanya. Tapi memang sih belum dicek sama koordinatornya, jadi saya tidak tau apakah TOR yang saya buat itu sudah pas atau tidak.

Saya tidak ingin membahas terlalu jauh soal teknisnya, bagi saya yang penting adalah output atau tujuan dari lomba tersebut. Kenapa lomba disain ini ada, karena selain kita mau mendorong kretifitas anak muda di Kalsel, kami juga mau melihat sejauh mana, masyarakat di Kalsel mengerti kondisi dan permasalahan lingkungan di Kalsel, khususnya masalah hutan yang saat ini sudah memperihatinkan.

Rencana kami adalah, hasil atau karya pemanang lomba disain poster lingkungan tersebut, akan kami publikasikan dan dibagi baikan kemasyarakat Kalimatan Selatan. Agar semua orang dapat mengerti dan paham akan kondisi hutannya, jadi bukan hanya bisanya numpang hidup aja di Kalsel, tapi juga bisa mempedulikan sedikitlah paling tidak, sejau mana sih sudah dan sebesar apa sih kerusakan hutan di Kalsel ini.

Bicara kerusakan hutan, maka kita juga bicara bencana, baik itu yang sudah terjadi ataupun yang akan terjadi. Kenyataannya bencana yang selama ini terjadi, diakui atau tidak, itu adalah karena kerusakan hutan yang memang siudah parah di hulu sana.

Jadi!! Poster lingkungan adalah salah satu media informasi yang kami harap bisa menyampaikan dan dicerna dengan mudah oleh masyarakat di Kalsel. Artinya para peserta harus bisa menggambarkan dengan jelas sederhana pesan yang ada dalam temanya.

Yang terakhir, demi kelestarian lingkungan, demi keberlanjutan generasi kita, lakukan hal yang terbaik untuk kita, keluarga dan lingkungan walau sekecil apapun usaha kita. Tapi itu sangat berpengaruh bagi masa depan………..

Handak bejalan kebalangian

Posted: Juli 3, 2007 by gantungtas in Hiburan

Sebenarnya tidak ada rencana khusus untuk pergi kebelangian, pas kebetulan aja kita lagi ngumpul, dan ngobrol ngobrol ngobrol akhirnya ada yang ngomong kalau mau kebelangian. nah dari situ mulai asyik cerita cerita dan hati semakin yakin untuk pergi kebelangian. karena kebetulan juga lagi butuh refresh… makanya kesempatan ini tidak mungkin di sia siakan.

 

Membayangkan keindahan alam kahung, dengan air terjunnya yang laksana tirai hujan yang tak pernah henti turun kebatu batu yang ada dibawahnya. Menikmati santap siang dikahung memang punya nilai lebih yang tak mungkin ditemukan dikota manapun.

 

Seikilas tentang kahung, kahung adalah merupakan bagian dari wilayah desa belangian, kecamatan aranio, kabupaten banjar, kalimantan selatan. Dengan penduduk kurang lebih 100 kk yang mayoritas mata pencahariannya adalah bertani dan ladang. Belangian yang waktu tempuhnya sekkitar 5 jam perjalanan dari kota banjarbaru. Harus menggunakan angkutan pedesaan jurusan riam kanan selama 1 jam, dan setelah itu menggunakan klotok melewati danau riam kanan menuju desa belangian selama 3 jam.

 

Masyrakat belangian selain menanam padi, mereka juga menanam kacang tanah, yang setiap bulan 5,6,7 dipanen. dari hasil panennya itu, mereka dapat membeli berbagai kebutuhan hidup mereka. bahkan ada juga dari hasil penjualan kacangnya dapat membeli televisi dan radio ataupun parabola.

 

Mungkin terlalu banyak bercerita tentang belangian, sampai sampai lupa melanjutkan jabaran rute yang akan tempuh untuk sampai kesimpang tiga kahung. dimana tempat biasanya kami menginap selama dua atau tiga hari disana.

 

Untuk mencapai simpang tiga kahung dibutuhkan waktu selama enam jam perjalan. dengan melewati bukit, sungai, lembah, dan hutan.

 

Kemudian dari simpang tiga kahung, untuk dapat mencapai air terjunnya, maka waktu yang ditempuh kurang lebih dua jam perjalanan.

 

Mungkin itu saja singkatnya, dan untuk cerita lengkapnya mungkin setelah kami sudah selesai melakukan perjalan kebelangian dan kahung nanti.

 

Tim yang akan berangkat :

 

  1. Emon Banjarbaru
  2. Jack Banjarbaru
  3. Farit Banjarbaru
  4. Adan Banjarbaru
  5. Evan Banjarbaru

 

Sampai jumpa…